Kamis, 17 Maret 2016

Kopi Herbal

Kopi Sehat Herbal

Kopi Sehat Herbal merupakan alternatip minuman yang kini sedang Populer dikalangan peminat kopi. Kopi Jenis apakah Kopi Sehat Herbal ?

Kopi Luwak, Kopi Herbal dan kopi pada umumnya saat ini menjadi topik pembicaraan yang sangat trendi. Apakah Kopi Luwak itu. Dan Apakah Kopi Sehat Herbal itu ?


Biji Buah Kopi Pilihan, merupakan biji buah kopi yang sering dicari oleh para pegusaha kopi, belum juga terkait dengan kualitas, buah biji pilihan merupakan jaminan terhadap biji kopi itu sendiri, seperti biji kopi Robusta, Biji  Kopi Arabika, dan jenis kebun rakyat lainnya dapat disampaikan sebagai berikut :

1. Kopi Arabika (Coffea Arabica)
Kopi pertama kali masuk Batavia dan ditanam di perkebunan Kedawoeng tahun 1696. Tiga tahun kemudian, tanaman kopi mati karena terjadi gempa dan banjir. Kemudian didatangkan bibit baru, dan disebar ke daerah lain. Tahun 1876, jenis kopi ini mengalami kehancuran karena serangan penyakit karat daun. Kini, area kopi Arabika di Indonesia hanya tersisa 10% di Aceh Tengah, Malang, Jember, Bali, Sumatera Utara dan Selatan.

2. Kopi Liberika (Coffea Liberica)
Menyikapi penyakit karat daun pada Arabika, kemudian didatangkan jenis kopi Liberika dari wilayah Monrevia dan Liberia pada tahun 1875. Didatangkan jenis kopi ini untuk menggantikan kopi Arabika, namun ternyata juga tak bisa dikembangkan. “Jenis kopi ini juga kurang disukai karena rasanya terlalu asam dan lebih pahit,” kata penulis publikasi berjudul ‘Pengaruh Pupuk Organik dan Intensitas Naungan Terhadap Pertumbuhan Bibit Kopi Robusta’ ini.

3. Kopi Robusta (Coffeea Canephora)
Jenis kopi ini berasal dari hutan equator Afrika, dan didatangkan tahun 1900. Seperti halnya Liberika, Robusta juga didatangkan untuk mengatasi penyakit karat daun. Rupanya, Robusta memiliki pertumbuhan yang kuat, pemeliharaannya ringan, juga dengan hasil produksi lebih tinggi. Kini, jenis kopi Robusta mendominasi sekitar 90% area kopi di Aceh, Tapanuli, Lampung, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Bali, juga Sumatera Selatan.

4. Kopi Ekselsa
Di antara ketiga jenis kopi lain, nama kopi Ekselsa paling jarang terdengar. Kopi Ekselsa dianggap minim peminat, karena cita rasanya terlalu asam dan pahit. “Harga jenis kopi Ekselsa sebenarnya lebih tinggi dari Robusta. Jenis ini sekarang sedang dikembangkan kembali di Indonesia sebagai kopi specialty,” ungkap pria yang juga merupakan anggota Perhimpunan Agronomi Indonesia (PERAGI) dan Himpunan Ilmu Gulma Indonesia (HIGI).

 

Kopi Luwak bahan Industri (Kopi luwak sintetis) :

Kopi Luwak sangat terkenal nikmatnya, biji kopi ini diproduksi oleh petani secara industry rumahan. Kini  sangat terkenal dengan kopi luwak white kovie, atau kopi-kopi luwak lainnya yang sudah diproduksi besar-besaran, ini merupakan rekayasa permentasi dari hasil pengolahan Industri Kopi.

Jika kita telusuri, maka kopi luwak yang sesungguhnya adalah biji kopi yang dikumpulkan oleh para petani dari kebunnya berupa kotoran luwak yang dikeluarkan di perkebunan kopi. Karena Luwak tidak mengunyah kopi hingga hancur bijinya, melainkan kulit kopi yang manis rasanya setelah matang itu, disantap binatang luwak semalaman, dan karena saking kekenyangan hingga luwak sambil makan juga mengeluarkan kotoran berupa biji kopi tanpa kulitnya, kulit kopi tersebut telah dikupas dalam pencernaan binatang luwak. Mungkin di Negara lain, untuk menghasilkan citra rasa kopi hasil permentasi dari binatang luwak, bias juga  dihasilkan permentasi dari pencernaan binatang yang lebih besar seperti gajah sehingga kopi luwak juga akan mendapat tandingan berupa Kopi Gajah dengan citra rasa yang lainnya.

Kini Rekayasa industry dapat dikembangkan menjadi berbagai hasil industri, misalnya dengan produk kopi sehat herbal, yang tidak hanya kopi yang mengandung kafein, tetapi juga produksi kopi yang mengandung jenis herbal lain guna  meningkatkan kesehatan tubuh manusia seperti berikut :

Berikut adalah 11 bahan asal tumbuhan herbal yang dapat dikembangkan menjadi campuran kopi permentasi yang dihasilkan sebagai Kopi Sehat Herbal:
    Image result for gambar biji kopi
  1. Mengkudu Khasiat Manfaat kapsul MENGKUDU asli untuk hipertensi. .. » hutan ( morinda citrifolia ).
  2. Kapulaga (Amamum campactum soland ).
  3. Merica hitam ( Piper nigrum linn ).( PENDONGKRAK STAMINA PRIA )
  4. Radix/pasak bumi/gingseng ( Eurycoma longifolia ).( PENDONGKRAK STAMINA PRIA )
  5. Habbasauda/jinten hitam (Nigella sativa ).
  6. Temulawak (Curcuma xanthoriza ).
  7. Pinang ( Areca catechu ).
  8. Purwoceng obat kuat pria alami PROCENG Binasyifa purwoceng sinergis. Read more ... » (Piper nigrum linn ). ( PENDONGKRAK STAMINA PRIA )
  9. Lengkuas (Alphinia galanga ).
  10. Pegagan khasiat ekstraks 100% kapsul daun pegagan sinergis untuk kesehatan. Re


  1. ad more ... »
    ( Centella asiatica )
  2. Plus tambahan tepung maduJUAL Khasiat Dan Manfaat Madu Asli MULTIFOLRA HPAI. Read more ... »,krimer nabati dan kopi
Banya sumber yang telah membahas kopi sehat herbal, namun demikian industry kopi sehat herbal masih sangat terbatas.
Ada baiknya apabila Anda mencoba kopi sehat herbal, dapat merasakan baimana citra rasa yang titimbulkan dengan adanya kopi Sehat herbal formulasi perpaduan antara Kopi yang berkualitas tinggi dan formulasi herbal yang cukup bermanfaat bagi tubuh.

Tidak ada komentar: